Jumlah TKI Blitar meningkat 16 Persen

By 23 Jul 2016, 20:33:11 WIBKetenagakerjaan

Jumlah TKI Blitar meningkat 16 Persen

Keterangan Gambar : kasi Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri Disnakertrans Kab.Blitar. (Foto;Aunur Rofiq)


Blitar,matahationline.com – Ketersediaan lapangan kerja masih menjadi permasalahan disetiap daerah, salah satunya Kabupaten Blitar. Karena sebab itu, jumlah Tenega Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Blitar terus mengalami peningkatakan dari tahun ke tahun. tercatat  peningkatan TKI sebesar sebersar 16 persen dari tahun 2015 ke 2016.

 

 “Data yang kami miliki, jumlah TKI di Kabupaten Blitar sampai dengan 22 Juli 2016 ada 1.813 TKI. Dan jika di bandingkan dengan tahun 2015 diperiode yang sama antara Januari sampai Juli ada 1.562 TKI. sehingga jumlah TKI asal Kabupaten Blitar mengalami kenaikan sebanyak 16 persen,” ungkap Kasi Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri (PTKLN) Disnakertrans Kabupaten Blitar Jarun, Sabtu (23/7/2016) di lansir jatimtimes.com.

TKI asal Blitar menurut Jarun merupakan TKI yang menekuni pekerjakan sebagai asisten rumah tangga atau pembantu. “Tujuan utama para TKI asal Kabupaten Blitar Taiwa disusul Hongkong,  Singapura , Malaysia dan Brunei Darussalam,” ujarnya.

Jarun kembali memaparkan,  tren warga Blitar yang berangkat menjadi TKI ke negara-negara tetangga terjadi pasca lebaran. Pada saat lebaran, TKI yang sebelumnya pulang kampung, kembali ke tempat kerjanya membawa tetangga dan sodara untuk menjadi TKI, mengadu nasib di negeri orang dengan dalih memperbaiki nasib dan memperbaiki perekonomian keluarga.

Selama bulan Juli, warga Blitar yang tercatat di Disnakertrans Kabupaten Blitar yang berangkat menjadi TKI sejumlah 100 orang. Jumlah tersebut diprediksi akan terus bertambah selama bulan Juli karena trans kenaikan terus terjadi.[fc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment