Jokowi Berpotensi Menang Pilpres 2019 Jika Berpasangan dengan Cak Imin

By Kontributor 29 Mar 2018, 10:37:03 WIBPolitik

Jokowi Berpotensi Menang Pilpres 2019 Jika Berpasangan dengan Cak Imin

Keterangan Gambar : Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar


Jakarta, matahationline.com – Joko Widodo berpotensi menang di Pilpres 2019 mendatang jika berpasangan dengan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Karena Cak Imin menjadi satu-satunya tokoh yang bisa menutupi kekurangan Jokowi yang selama ini menjadi pintu serangan kepada dirinya.

Cak Imin sebagai tokoh politik juga bisa menjelma sebagai tokoh agama. Pria yang lahir dilingkungan pesantren tersebut bisa menjadi tameng Jokowi saat diserang dengan isu-isu agama. Karena Cak Imin dan basis massanya, nahdlatul ulama menjadi kelompok agama yang moderat.

"Ini jadi memperkuat posisi Pak Jokowi. Kalau dengan calon yang lain ya sama karena basisnya sama, tapi dengan Cak Imin menambah basis," kata Wasekjen PKB, Daniel Johan.

Selain untuk menutupi kekurangan terkait isu agama, Cak Imin bersama PKB memiliki basis masa yang jelas dibandingkan dengan kandidat cawapres yang lain. Hal itu terbukti dengan porolehan 11 juta suara di Pemilu 2014 lalu. Dimana saat itu PKB juga menjadi partai pengusung Jokowi-JK dan menjadi partai penentu kemenangan.

Sementara itu, elektabilitas Cak Imin terus meningkat seiring dengan mengalirnya dukungan kepada Cak Imin. Mulai dari kalangan santri, mahasiswa, buruh, nelayan dan petani di berbagai daerah menyatakan dukungan untuk maju dalam kontestasi Pilpres 2019. Dukungan yang juga patut diperhitungkan adalah dukungan dari tokoh-tokoh karismatik seperti kiai dan ulama. Saat ini Cak Imin mampu mengambil simpati dari para tokoh agama seperti kiai-kiai Jawa dan Sumatera.[tac]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment