Jaga Kelestarian Lingkar Wilis, Chusainuddin Bersama Komunitas Lakukan Aksi Tanam Pohon

By Kontributor 03 Mar 2020, 14:34:04 WIBDaerah

Jaga Kelestarian Lingkar Wilis, Chusainuddin Bersama Komunitas Lakukan Aksi Tanam Pohon

Keterangan Gambar : Anggota F-PKB DPRD Jatim Chusainuddin saat melakukan penandatanganan deklarasi pelestarian Lingkar Wilis


Kediri, matahationline.com – Angota Fraksi PKB Jawa Timur Chusainuddin bersama dengan komunitas, LSM Perkawis (Pelestari Kawasan Wilis) melakukan kegiatan sosial tanam pohon kembali (reboisasi) di wilayah Desa Kalipang Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka untuk menjaga kelestarian Lingkar Wilis yang mulai gundul.

Pria yang biasa disapa Mas Udin itu didampingin oleh Ketua DORD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto, Pejabat Dinas Kehutan Provinsi Jawa Timur, Kepala Desa dan juga siswa pramuka tampak bersama-sama menanam berbagai  jenis pohon, diantaranya pohon mahoni dan pohon kepala.  Tanam pohon tersebut menjadi aksi nyata untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah proses terjadinya pemanasan global (globar warming) yang mulai terasa di Indonesia dan negara-negara di dunia.

“Patut kita akui bahwa kelestarian hutan mulai kritis, sehingga perlu aksi tanam pohon, sekaligus untuk memberikan contoh kepada masyarakat bahwa menjaga hutan tetap hijau dan lestari adalah bagian dari tugas bersama, bukan hanya pemerintah saja, namun juga tugas dari warganya,” ungkap Anggota Komisi B DPRD Jawa Timur itu.

Politisi PKB itu juga mengatakan bahwa tanam pohon merupakan bagian dari investasi dirinya untuk generasi muda selanjutnya. Karena dengan kelestarian hutan yang tetap hijau, sumber kehidupan seperti udara dan sumber air akan tetap tersedia. “Sudah pasti kalau hutan terjaga, tidak gundul, maka bencana tanah longsor dan banjir bandang tidak akan ada di wilayah ini,” sambungnya.

Ia sangat berharap bahwa daerah lain di Jawa Timur, pemerintah kabupatan/kota dan masyarakatnya bisa bersama-sama untuk melakukan penghijauan kembali hutan-hutan yang telah gundul atau kritis. Penghijauan kembali bisa dengan membuat program atau gerakan serentak yang mampu menstimulus masyarakat untuk tanam pohon.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment