Hasil Survei LSI, PKB jadi Partai Paling Patuh kepada Ulama

By Kontributor 15 Nov 2018, 11:01:03 WIBPolitik

Hasil Survei LSI, PKB jadi Partai Paling Patuh kepada Ulama

Keterangan Gambar : Dokumentasi hasil survei LSI Denny JA


Jakarta, matahationline.com Lembaga Survei ternama Indonesia, Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA telah merilis hasil suvei terbaru terkait kepatuhan partai kepada ulama atau tokoh agama islam di Indonesia. Dari hasil survei tersebut, PKB menjadi partai paling patuh kepada ulama.

Pemilih PKB menjadi pemilih yang paling patuh terhadap imbauan ulama jika dibandingkan dengan partai-partai lain, terutamanya partai islam. Tingkat kepatuhannya sebesar 82,7 persen. Kemudian, posisi kedua  ada pemilih PPP dengan 79,4 persen, dan ketiga PKS 74,8 persen dan yang ke empat ada PBB dengan 66,7 persen.

Selain itu, terdapat 51,7 persen pemilih menyatakan bahwa mereka mendengar imbauan dari tokoh agama seperti ulama, pastor dan biksu terkait pilihan di Pilpres 2019.

Dari 51,7 persen itu, 58,7 persen diantaranya memilih pasangan Joko Widodo-KH. Ma`ruf Amin, sementara 29,3 persen memilih Prabowo Subianto- Sandiaga Uno.

Sementara itu, ada 5 ulama yang dikenal dan dipatuhi imbauannya, yaitu Ustadz Abdul Somad, Ustadz Arifin Ilham, Ustadz Yusuf Mansur, Abdullah Gymnastiar (AA Gym), dan Habib Rizieq Shihab.

Sedangkan ulama yang dihormati, dipatuhi imbauannya, tapi kurang dikenal ada 16, lima diantaranya adalah Din Syamsudin, KH. Salahudin Wahid, Bachtiar Nasir, KH. Said Aqil Siroj dan KH. A. Mustofa Bisri.

Survei ini dilakukan pada 10-19 Oktober 2018 dengan metode Multistage Random dengan jumlah sampling sebanyak 1200 orang. Margin of error survei tersebut adalah 2,8 persen.

Source: radarbangsa



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment