Hasil Survei: Gus Ipul-Mas Anas Unggul Atas Khofifah-Emil

By Kontributor 14 Des 2017, 10:50:41 WIBPolitik

Hasil Survei: Gus Ipul-Mas Anas Unggul Atas Khofifah-Emil

Keterangan Gambar : istimewa


Surabaya, matahationline.com – Lembaga Surabaya Survei Center (SSC) melakukan survei terkait dengan kontestasi Pilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018. SSC melalukan simulasi Cagub-Cawagub dua pasang, yaitu pasangan Gus Ipul-Mas Anas dan Khofifah-Emil.

Simulai dua pasangan calon tersebut dilakukan karena sampai saat ini, yang sudah menyatakan diri dan mendapatkan dukungan partai denga kursi yang cukup di parlemen adalah Gus Ipul-Mas Anas dan Khofifah-Emil.

Survei dilakukan di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur dalam kurun waktu 25 November-8 Desember 2017. Survei tersebut menggunakan metode multistage random sampling dengan total 940 responden. Tingkat kepercayaan dari hasil tersebut sebesar 95 persen dengan margin of error 3,2 persen.

Peneliti Senior SSC Surokim Abdussalam kepada awak media mengatakan pasangan Gus Ipul-Mas Anas lebih unggul dari pada Khofifah-Emil. Gus Ipul-Mas Anas memperoleh suara sebanyak 36,2 persen dari total responden. Sedangkan Khofifah-Emil mengantongi pilihan dari 33,9 persen responden.

Sementara itu, tercatat ada 29,9 persen respon menjawab masih belum menetukan pilihan final.

Ia menilai, Gus Ipul-Mas Anas dan Khofifah-Emil merupakan dua pasangan calon yang memiliki kekurangan dan kelebihan. Hal tersebut kemudian menjadikan pertarungan yang sebanding dalam kontestasi Pilgub Jatim.

"Kalau sudah begitu pemanfaatan momentum dan daya jangkau menyapa pemilih di Jatim akan memegang faktor krusial dan sangat menentukan. Karena di sisi lain keduanya juga sama kuat dalam citra dan reputasi, maka faktor menyapa langsung yakni kontak mata dan face to face akan menjadi penentu dalam mendapatkan dukungan pemilih," katanya dilansir beritajatim.com, Kamis (14/12/2017).

Surokim memprediksi, jika Pilgub Jatim hanya ada dua pasangan calon, maka yang kan mendapatkan suara yang signifikan adalah mereka yang memiliki jaringan yang baik dengan para kiai, birokrasi dan modal ekonomi yang kuat.[dc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment