Hadiri Musabaqoh Kitab Kuning, Pak Halim: Menjadi Alim saja belum Cukup, tapi juga Harus Bijak

By Kontributor 12 Mei 2017, 16:36:43 WIBDunia Islam

Hadiri Musabaqoh Kitab Kuning, Pak Halim: Menjadi Alim saja belum Cukup, tapi juga Harus Bijak

Keterangan Gambar : Pengasuh PP Amanatul Ummah KH Asep Saifuddin Chalim, Staf Khusus Kemenristekdikti KH. Abdul Wahid Maktub, Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar, Ketua DKW Garda Bangsa Jatim Ka’bil Mubarok dalam sesi pembukaan Musabaqoh Kitab Kuning.


SURABAYA, Matahati Online – DKW Garda Bangsa Jatim menggelar Semi Final Musabaqoh Kitab Kuning Zona II Jatim, Jum’at (12/5). Acara yang digelar di PP. Amanatul Ummah Siwalan Kerto Surabaya itu dihadiri ratusan peserta dan santri dari berbagai daerah di Jatim.

Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar yang hadir di tengah acara, mengajak para santri untuk bersyukur dapat mengenyam pendidikan di pesantren serta sungguh-sungguh dan tekun dalam menuntut ilmu. Bagi Ketua DPW PKB Jatim itu, acara musabaqoh adalah salah satu cara untuk membangkitkan kembali semangat belajar santri terhadap kitab.

“Sejarah bangsa Indonesia tidak lepas dari hazanah kitab kuning yang dapat menginspirasi semangat perjuangan. Penulis kitab kuning sudah terbukti tingkat keilmuannya,” ujar Pak Halim dalam sambutannya.

Menurutnya, maraknya kebiasaan menghujat orang lain, menyalahkan org lain, menandakan dangkalnya tingkat keilmuan seseorang. Sehingga melalui kultur pendalaman kitab kuning ini, santri tidak hanya menjadi orang ‘alim, tetapi juga bijaksana dan siap menjadi agen rahmatan lil ‘alamin.

Selain Pak Halim, turut hadir pula Pengasuh PP Amanatul Ummah KH Asep Saifuddin Chalim, Ketua DKW Garda Bangsa Jatim Ka’bil Mubarok serta Staf Khusus Kemenristekdikti KH. Abdul Wahid Maktub.

Musabaqoh ini terdiri dari dua kategori yaitu Qiroatul Qutub dan Hifdzun Nadhom, serta dua tingkatan yakni Ula dan Ulya. Selanjutnya peserta yang keluar sebagai juara akan diiutkan kembali dalam Babak Final Musabaqoh tingkat nasional.

“Akhir tahun ini kita akan menggelar musabaqoh kembali khusus Jatim yang akan dibiayai APBD,” pungkas Pak Halim. [an]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment