Gus Ipul Siap Dukung Pembangunan Sarana Prasarana Wisata Religi Wali Songo

By Kontributor 06 Mar 2018, 14:15:59 WIBDunia Islam

Gus Ipul Siap Dukung Pembangunan Sarana Prasarana Wisata Religi Wali Songo

Keterangan Gambar : Cagub Jatim, Gus Ipul bersama rombongan tahlil bersama di Makam Sunam Ampel Surabaya


Surabaya, matahationline.com – Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau yang biasa disapa Gus Ipul mengatakan siap untuk mendukung perbaikan sarana dan prasarana tempat-tempat wisata religi seperti Makam Wali Songo yang ada di Jawa Timur. Hal tersebut disampaikan Gus Ipul saat berziarah ke Makan Sunan Ampel Surabaya, Selasa (6/3/2018).

Cagub nomor urut 2 tersebut mengatakan, dukungan sarana dan prasarana di wisata Wali Songo perlu dilakukan untuk memberikan rasa nyaman bagi para peziarah. Dukungan sarana dan prasarana tersebut dapat berupa pembangunan atau revitalisasi toilet umum, penataaan pedagang dan penataan lingkungan.

“Jadi kita perlu dukung sarana dan prasarana yang diperlukan oleh penziarah. Baik dari sisi toilet dan juga lingkungan. Daya lingkungan yang bagus. Saya senang lingkungan Makan Sunan Ampel ini terus diperbaiki. Tempat wuduk dan PKLnya itu diperbaiki terus. Ini yang dibutuhkan ziarah,” ungkapnya.

Lingkungan Makam Sunan Ampel Surabaya berada dilingkungan padat penduduk. Meski demikian kata Gus Ipul, tempat tesebut tetap terasa nyaman karena penataan lingkungannya ditata dengan baik.

Dukungan pembangunan sarana dan prasarana Makam Wali Songo tersebut juga tidak lepas dari faktor ekonomi.  Makam Wali Songo seperti Sunan Ampel dan makam wali yang lain mampu menjadi pusat perputaran perekonomian kerakyatan. Hal itu terlihat dari jumlah pedagang sektiar makam dengan jumlah wisatawan yang membelanjakan uangnya di tempat tersebut.

“Turis lokal itu sekitar 54 juta orang, mungkin 50 persennya itu hadir di makam-makan parawali sebagian diantaranya dengan jumlah berberda-beda. Ada yang di Ampel ada yang di Bonang (Sunan Bonang Tuban). Jadi kalau misalnya satu turis itu meninggalkan uang (belanja) Rp 10 ribu/20 ribu rupiah tu, sudah berapa perputaran ekonominya di makam ini,” terangnya.

Sebab itu, Cagub yang diusung oleh PKB itu mengusulkan untuk membah kegiatan-kegiatan seperti majelis houl, seni hadrah dan pekan wali songo. Kegiatan tersebut untuk menarik peziarah untuk datang kembali ke makam para wali.[CAC]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment