Gus Ipul Minta Mahasiswa Malang Merawat Kebhinekaan Bangsa

By fandra 05 Okt 2017, 14:43:46 WIBPendidikan

Gus Ipul Minta Mahasiswa Malang Merawat Kebhinekaan Bangsa

Keterangan Gambar : Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Foto: istimewa


Malang, matahationline.com Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau yang biasa disapa Gus Ipul tersebut meminta Mahasiswa Negeri Malang untuk turut serta membantu pemerintah merawat kebhinekaan bangsa. Karana tanpa adanya bantuan dari mahasiswa dan masyarakat secara umum, menjaga keberlangsungan kebhinekaan bangsa Indonesia sangat berat.

"Jangan hanya jadi penonton, tapi juga jadi pelaku dalam merawat kebhinnekaan dan upaya terus-menerus tanpa henti harus dituntaskan merawat kebhinekaan bangsa," ungkapnya dalam acara Seminar Nasional ‘Merajut Kebhinekaan, Meneguhkan Karakater ke-Indonesiaan’, Kamis (5/10/2017) di Universitas Negeri Malang.

Orang nomer dua Jawa Timur tersebut mengatakan bahwa mahasiswa merupakan salah satu ujung tombak dalam mempertahankan kebhinekaan bangsa di tengah tantangan demokrasi. Salah satu tantangannya adalah adanya peluang untuk memecah belah persatuan dengan menggunakan isu atau sentimen suku, ras dan agama.

Indonesia sampai saat mampu menjaga dan mempertahankan persatuan bangsa yang majemuk. Karena itu, Indonesia akan menjadi satu-satunya negara di dunia yang memiliki ribuan suku dan berbagai agama.

Karena itu, Calon Gubernur Jawa Timur itu berharap kepada semua elemen masyarakat termasuk mahasiswa untuk memperkuat komunikasi lintas golongan untuk menghadirkan keadialan di tatanan masyarakat.

Selain itu, ia berhadap mahasiswa mampu mengambil peranan untuk menghindarkan masyarakat dari sesuatu yang berpotensi konflik seperti konflik antar keyakinan, antar suporter, antar warga dan antar pekerja, seperti konflik antara angkutan konvensional dan angkutan berbasis online.[CD]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment