Gus Ipul Ingin UMKM Olahan Tempe Bisa Impor Kedelai Sendiri

By Kontributor 01 Mar 2018, 11:32:52 WIBEkonomi

Gus Ipul Ingin UMKM Olahan Tempe Bisa Impor Kedelai Sendiri

Keterangan Gambar : Gus ipul berdiskusi dengan pengusaha olahan kedelai Kota Malang


Malang, matahationline.com – Pertumbuhan dan pengembangan UMKM menjadi perhatian serius Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. Hal tersebut tampak ketika Gus Ipul mengunjungi sentral UMKM pengelolaan Tempe di wilayah Sanan Kota Malang, Kamis (1/3/2018). Dalam kunjunganya, Cagub yang diusung oleh PKB itu berkeinginan UMKM yang berkonsentrasi dalam olahan kedelai atau tempe mampu mengimpor kedelai sendiri.

Gus Ipul mengatakan bahwa masalah yang sedang dihadapi pengrajin olahan kedelai atau tempe adalah ketersedian bahan baku. Dimana stok bahan baku kedelai lokal tidak mampu memenuhi kebutuhan. Pelaku UMKM terpaksa menggunakan kedelai impor yang harganya cukup mahal, mencapai angka Rp 68 ribu.

“Jadi harapannya pengrajin ini pada akhirnya bisa impor sendiri. Itu nanti diskusikan lebih lanjut,” ungkapnya.

Tekat Gus Ipul untuk memberikan ruang UMKM bisa impor kedelai sendiri adalah menekan harga kedelai yang terlalu tinggi untuk pengusaha tempe. Terlebih lagi, kebutuhan kedelai di wilayah Sanan Kota Malang terbilang tinggi, yaitu 30 ton perhari.  Untuk itu, ia siap membantu dan memfasilitasi ketersediaan bahan baku pengelolaan tempe.

“Karena untuk kepentingan di kawasan Sanan ini 30 ton perhari, cukup besar itu. Ada yang besar  1,5 ton perhari, ada juga 20 perhari. Jadi ada yang besar ada yang kecil. Yang mikro ini banyak sekali dan perlu dukungan dari sisi teknologi maupun bahan baku dan pembiayaan,” terangnya.[TAC]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. essays writers 30 Mei 2018, 02:17:57 WIB

    As a readers I used to read many blogs which are so important for all of us. This blog is a creative blog which is also helpful in the students of all type. All the readers will try to understand this blog. This is a special blog for the readers and for the writers as well.

View all comments

Write a comment