Full Day School Dilaksanakan Secera Bertahap

By fandra 15 Jun 2017, 10:22:05 WIBPendidikan

Full Day School Dilaksanakan Secera Bertahap

Keterangan Gambar : Mendikbud, Muhadjir Effendy


Jakarta, matahationline.com – Full day school atau sekolah minimal delapan jam sehari selama lima hari sekolah dalam seminggu, Senin-Jumat akan dilaksanakan secara bertahap oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Peleksanaaan secara bertahap tersebut menurut Mendikbud RI Muhadjir Effendy, implementasi Peraturan Menteri Nomor 23 tahun 2017 tersebut akan disesuaikan dengan kondisi di masing-masing daerah.

"Sesuai dengan pasal 9, pelaksanaannya bertahap. Dan sesuai saran dari MUI, akan dilakukan koordinasi dengan Kemenag untuk petunjuk atau pedoman pelaksanaannya," disampaikan Muhadjir dalam pernyataan pers Kemendikbud, Kamis (15/6/2017).

Poin penting terkait dengan peraturan baru untuk sekolah tingkat SD sampai dengan SMA ini tidak lain untuk penguatan karakter anak didik bangsa. Dimana dalam proses penguatan karakter siswa tersebut melalui kegaitan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler.

Sedangkan detail terkait bagaimana bentuk implementasi kegiatan proses belajar dan mengajar dalam pembentukan karakter tersebut akan ditentukan oleh masing-masing daerah. Sehingga kemungkinan besar, implementasi peraturan menteri tersebut akan bervariasi dalam kegiatan belajar mengajarnya sesuai karakteristik masing-masing daerah.

Muhadjir menyampaikan kepada wartawan bahwa saat ini sudah ada sekolah yng menjadi percontohan dalam pelaksanaan lima hari sekolah dalam seminggu. Hal tersebut bisa diamati bagaimana pelaksanaannya.

"Tidak ada paksaan bagi sekolah untuk melaksanakannya. Sekarang ini sudah ada sekolah percontohan dan kabupaten/kota yang sudah menerapkan. Silakan dilihat penerapannya," ujar Muhadjir.[fc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment