Fidel Castro Muncul Kembali

By 08 Apr 2016, 16:50:25 WIBPendidikan

Fidel Castro Muncul Kembali

Keterangan Gambar : Fidel Castro saat ditemani Presiden Bolivia Evo Morales dan Presiden Venezuela Nicolas Maduro di Havana. (Foto: cnnindonesia.com).


Havana— Setelah cukup lama berdiam diri, Fidel Castro (89) kembali muncul di muka publik pada Kamis (7/4/2016). Ia terlihat berada di luar rumah, mengunjungi sebuah sekolah di Havana.
 
Seperti yang dilansir CNNIndonesia, Mantan Presiden Kuba itu dikabarkan keluar rumah untuk merayakan ulang tahun adik iparnya, yang ikut berperang bersama dirinya sekitar 60 tahun lalu. Sebuah televisi milik pemerintah Kuba menyiarkan kejadian langka tersebut. Castro terlihat duduk di sebuah kursi dan berbicara dengan pelajar dan guru di sekolah yang dinamakan atas adik iparnya, Vilma Espin.
 
Espin merupakan seorang pejuang revolusi Kuba yang ikut bertempur di hutan bersama Castro. Espin menikah dengan Raul Castro, adik Fidel yang kini menjadi Presiden Kuba. Espin meninggal pada 2007 di usia 77 tahun. Ia merupakan salah satu perempuan berpengaruh dalam politik Kuba semasa hidupnya.
 
“Saya yakin di hari seperti ini, Vilma pasti bahagia. Setiap orang yang tewas berjuang untuk revolusi meninggalkan jejak energi, mereka pergi dengan usaha dan perjuangan,” kata Fidel.
 
Castro menyerahkan jabatan presiden kepada Raul pada 2008 karena penyakit serius. Sejak sakit, ia kerap menerima pejabat luar negeri di rumahnya, dan masih menulis kolom di media partai, namun jarang sekali terlihat di muka publik. [hw]


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment