Etika dan Moral akan Jadi Basis Pendidikan Jawa Timur

By Kontributor 06 Jan 2018, 12:57:56 WIBPemerintahan

Etika dan Moral akan Jadi Basis Pendidikan Jawa Timur

Keterangan Gambar : prosesi pengukuhan Kepala UPT SMAN/SMKN/SLBN Dinas Pendidikan Prov Jatim


Surabaya, matahationline.com - Etika, moral dan spiritual kan menjadi basis dalam pembangunan pendidikan di Jawa Timur. Tiga elemen tersebut dianggap penting oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo karena karena merupakan pondasi/dasar untuk membentuk manusia yang berkarakter.

“Khusus di Jatim saya minta bantuan kepada seluruh kepala sekolah, agar ikut merumuskan membangun budi pekerti. Salah satu caranya dengan mewajibkan siswa untuk menundukkan kepala saat ketemu gurunya,” kata pria yang biasa disapa Pakde Karwo dalam acara Pengukuhan Kepala UPT SMAN/SMKN/SLBN Dinas Pendidikan Prov Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (05/01).

Konsep pelajaran etika moral atau budi pekerti di Indonesia telah diterapkan sejak tahun 1970an. Namun, saat ini budi pekerti tidak lagi menjadi prioritas dalam konsep pendidikan. Sebab itu,  etika dan moral harus digalakkan lagi dan dicontohkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya oleh kepala sekolah. “Saya ingin rapat bersama dengan semua kepala sekolah agar setiap siswa bisa hormat pada gurunya. Apalagi, sekarang sudah ada pelajaran body language,” terangnya.

Pakde Karwo mencontohkan bagaimana negara maju seperti Jepang dan Korea dengan melakukan rekayasa sosialnya terhadap etika dan moral yang dibentuk sejak pendidikan dini. Dengan begitu, kepatuhan kepada orang tua, leluhur dan guru telah menjadi kebudayaan.

Untuk memstimulus sekolah-sekolah yang ada di Jawa Timur, ia berencana akan dibuat kompetisi antar sekolah khusus tentang penerapan etika moral. “Ke depan konsep etika moral ini akan kami kompetisikan, hadiahnya bisa berupa bantuan pembenahan pada salah satu ruangan di sekolahnya,” katanya.[tc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment