DPW PKB Jatim Lepas 20 Peserta Terbaik ke Jakarta

By 12 Apr 2016, 11:26:25 WIB

DPW PKB Jatim Lepas 20 Peserta Terbaik ke Jakarta

Keterangan Gambar : Pak Halim beserta pengurus DPW PKB Jatim melepas peserta finalis Musabaqoh Kitab Kuning. (Foto: Multazam Dzikri)


Surabaya — DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur mengirim 20 peserta Musabaqoh Kitab Kuning ke tingkat nasional di Jakarta, Kemarin (12/4/2016). Peserta telah melalui tahap penyaringan yang ketat dari berbagai Pondok Pesantren (Ponpes) di Jawa Timur.
 
“Peserta ini sudah melalui penyaringan yang ketat. Mereka adalah yang terbaik dari Jawa Timur. Semoga di tingkan nasional besok (hari ini) juga merupakan yang terbaik,” kata Pak Halim, sapaan akrab Ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar, di Surabaya, Senin malam (11/04/2016).
 
Tentang digelarnya Musabaqoh Kitab Kuning, Pak Halim menjelaskan, PKB berkeinginan menghidupkan kembali pembacaan kitab karya Imam Al Ghazali tersebut. Pengajian kitab kuning dinilai merupakan tradisi yang sejak dulu ada dan digelar rutin oleh berbagai pondok pesantren.
 
DPW PKB Jatim, lanjut cucu Kiai Bisri Sansuri ini, musabaqoh kitab kuning ini nantinya akan digelar setiap tahun. Harapannya akan muncul generasi muda yang mengetahui kitab – kitab karya ulama besar dan lebih jauh menjadi pedoman hidup sehari-hari.
 
“Kami berharap ini bisa digelar rutin, dilakukan terus-menerus. Mereka (peserta) terseleksi dari ribuan santri se-Jatim, dan akhirnya kita akan kirim ke skala nasional. Jawa Timur merupakan wilayah Pesantren, maka sudah sepatutnya kitab karya ulama bisa dikenal dengan baik,” kata Pak Halim.
 
Adapun pelaksanaan musabaqoh kali ini, DPW PKB Jatim menggelar seleksi di 5 zona, yakni Sumenep, Tulungagung, Sidoarjo, Pasuruan, dan Kediri. Peserta yang mengikuti seleksi tersebut berasal dari seluruh Ponpes. [hw]


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment