DPRD Jatim Pangkas Anggaran untuk Dana Kompensasi Ekonomi IKM dan Warkop

By Kontributor 29 Mar 2020, 13:51:00 WIBEkonomi

DPRD Jatim Pangkas Anggaran untuk Dana Kompensasi Ekonomi IKM dan Warkop

Keterangan Gambar : Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Anik Maslachah


matahationline.com– Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Anik Maslachah menyampaikan bahwa pihaknya di DPRD Jawa Timur telah menyepakati pangkas anggaran untuk memberikan dana kompensasi ekonomi bagi para IKM, pedagang keliling dan termasuk warung kopi (warkop) yang terdampak physical distancing, membatasi kerumunan. Dimana physical distancing tersebut membuat IKM-IKM dan warkop sepi dan tutup.

Dana kompensasi juga diperuntukkan untuk warga non PKH (tidak mendapatkan BLT) termpak physical distancing, utamanya mereka warga yang berada di kepulauan. Dimana mereka mulai kesusahan transportasi dan akses perekonomian ke pusat kota dan antar pulau.

“Kami memangkas anggaran kunjungan kerja, meeting, sosialisasi dan dari beberpa pos anggaran, termasuk pos anggaran di eksekutif yang dianggap kuran urgent di APBD,” ungkap politisi PKB Jawa Timur itu.

Pemangkasan anggaran yang dilakukan oleh dewan bersama eksekutif tersebut dilakukan sesuai dengan Inpres 4 tahun 2020 tentang Refocussing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta PBJ dalam rangka Percepatan Penanganan COVID-19. Total anggaran di Jawa Timur sebesar 360 M.

“Total sementara anggaran untuk penanganan covid 19 sebesar 100 M dana tak terduga, 100 M dari pemangkasan kunker dan 160 M dari pemangkasan eksekutif. Pemangkasan anggaran yang kurang urgent akan dilakukan perubahan perkada penjabaran APBD 2020,” imbuh Anik.

Anik berharap, pemangkasan anggaran juga dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota di seluruh Jawa Timur untuk menambah dana kompensasi yang sudah disiapkan oleh Pemprov Jatim. Tujuannya agar lebih banyak masyarakat dan pelaku IKM yang bisa tercover dari dana kompensasi. “Kita sangat berharap adanya sharing pemprov dan kabupaten/kota dan melakukan pendataan bersama-sama untuk lebih tepat sasaran,” pungkasnya.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment