DPP PKB Tunjuk Anik Maslachah Gantikan Gus Halim Jadi Wakil Ketua DPRD Jatim

By Kontributor 29 Okt 2019, 12:54:04 WIBPolitik

DPP PKB Tunjuk Anik Maslachah Gantikan Gus Halim Jadi Wakil Ketua DPRD Jatim

Keterangan Gambar : DPP PKB menunjuk Anik Maslachah mengisi posisi Wakil Ketua DPRD Jatim


Matahationline.com – Anik Maslachah ditunjuk oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk menggantikan Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim menjadi Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur untuk periode 2019-2024.

Penunjukan tersebut setelah Gus Halim resmi menjadi Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

Surat pergantian tersebut, menurut Wakil Sekretaris DPW PKB Jatim Fauzan Fuadi, sudah diterima dan akan segera diproses.

“Surat dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) akan diproses. Selanjutnya, DPW akan bersurat ke DPRD untuk mekanisme pergantian,” ungkap pria yang akrab disapa Mas Fu saat dikonfirmasi di Surabaya, Selasa (29/10/2019).

Mekanisme pergantian wakil ketua tersebut ditargetkan tidak akan membutuhkan waktu lama. “Kami berharap pekan ini sudah selesai,” tambahnya.

Anik sebelumnya memang diunggulkan di internal Fraksi PKB dan digadang-gadang mengisi posisi Wakil Ketua DPRD Jatim.

Pertimbangan lainnya, anik juga berpengalaman menjabat di beberapa pos Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Jatim.

Dengan ditunjuknya perempuan yang sudah tiga periode di DPRD Jatim ini, otomatis struktur di Fraksi PKB juga ikut berubah.

Posisi Ketua Fraksi yang sebelumnya dijabat oleh Anik, akan digantikan oleh Mas Fu. Sebelumnya, Mas Fu menjabat sebagai Sekretaris Fraksi.

“Posisi ini hanya sebatas pembagian tugas. Sebagai kader, harus siap ketika ditunjuk di posisi manapun,” ungkap politisi dari dapil Bojonegoro-Tuban tersebut.

Untuk diketahui, jatah wakil Ketua DPRD Jatim salah satunya memang milik PKB. Hal ini berdasarkan pada perolehan suara pemilu 2019 lalu, dimana PKB berada di peringkat kedua dengan perolehan 25 kursi.

Kursi pimpinan dewan dari Fraksi PKB diisi oleh Gus Halim. Selain menjabat sebagai Anggota Fraksi, Gus Halim sebelumnya juga diamanahi sejumlah Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPRD Jatim.

Diantaranya, Wakil Ketua DPRD Jatim, Wakil Ketua Badan Musyarawarah DPRD Jatim, Wakil Ketua Badan Anggaran, hingga Penasehat Fraksi PKB DPRD Jatim. Oleh karena itu, PKB di dalam waktu dekat akan melakukan rotasi, baik di posisi Fraksi maupun AKD.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment