Diperintah Para Kyai Sepuh, PWNU Jawa Timur akan Gelar Istighosah Kubro

By Kontributor 07 Apr 2017, 12:56:46 WIBDunia Islam

Diperintah Para Kyai Sepuh, PWNU Jawa Timur akan Gelar Istighosah Kubro

Keterangan Gambar : PWNU Jatim. Foto: detikcom


SURABAYA, Matahati Online – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur akan menggelar Istighosah Kubro di GOR Delta Sidoarjo pada Minggu, 9 April 2017. Tujuan digelarnya Istighosah ini adalah untuk keselamatan bangsa Indonesia. Tema yang akan diangkat yaitu ‘Mengetuk Pintu Langit Menggapai Nurullah’.

Kegiatan Istighosah ini akan diikuti oleh ratusan ribu warga Nahdliyin (warga NU).

“Istighosah ini sesuai instruksi kiai sepuh dan kami kiai di struktur unsur syuriah dan tanfidzyah PWNU dan cabang-cabang menjalankannya,” kata Ketua PWNU Jatim KH M Hasan Mutawakil Allallah, Kamis 6 April 2017 yang dikutip dari laman detik.com.

Kiai Hasan menerangkan bahwa beberapa tahun terakhir ini para kiai NU merasakan kegelisahan kuat atas problem-problem keagamaan dan kebangsaan. Pada akhir Februari 2017 lalu, para kiai bermusyawarah di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri dan sama-sama merassakan adanya siyarat illahiah, untuk menggelar doa bersama atau Istighosah Kubro.

“Jika para ulama atau kiai sepuh sudah turun gunung, tandanya ada persoalan besar yang menjadi kegelisahan. Sebab para kiai NU konsisten mewujudkan komitmen dan kepeduliannya pada persoalan keagamaan, keumatan dan kebangsaan,’ tuturnya.

Sekedar diketahui, doa bersama atau istighosah kubro pernah digelar 21 tahun silam atau Desember 1996 di Stadion Gelora 10 Nopember Tambaksari, Surabaya, yang kemudian disusul dengan peristiwa besar yakni krisis moneter dan reformasi.

“Peristiwa-persitiwa di Tanah Air yang terjadi belakangan ini menimbulkan wacana dunia bahwa Islam moderat di Indonesia telah mati. Maka NU siap menjawabnya. Bahwa mayoritas muslim di Indonesia yang selama ini menjadi silent majority masih memiliki komitmen kuat untuk menghadirkan pola beragama dan berbangsa yang tawassuth (moderat), tasamuh (toleran), tawazun (seimbang), i’tidal (adil) dan menjalankan visi rahmatan lil alamin,” terangnya.

Dalam istighosah kubro nanti para ulama kiai NU akan menyampaikan maklumat untuk mengarahkan umat Islam dan seluruh elemen bangsa dalam rangka menguatkan kembali bangunan keagamaan dan kebangsaan Tanah Air.

Senada dengan yang disampaikan Ketua PWNU Jawa timur, Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan, Genggong, Kabupaten Probolinggo ini mengatakan, banyak kiai sepuh yang hadir. Juga dihadiri Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj dan Rois Aam PBNU yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat, KH Maruf Amin.

“Kami memang sengaja tidak mengundang pejabat dari pemerinta pusat. Kami hanya mengundang forum pimpinan daerah (forpimda) Provinsi Jawa Timur,” ujarnya.

Sumber: detikcom

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment