Din Syamsuddin Ingin jadi Staf Cak Imin

By fandra 23 Nov 2017, 10:14:10 WIBTokoh

Din Syamsuddin Ingin jadi Staf Cak Imin

Keterangan Gambar : Tampak Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin saat menjadi keynote speaker seminar nasional yang diselenggarakan oleh Islam Nusantara Center (INC), Rabu (22/11)


Jakarta, matahationline.com – Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin mengaku bahwa dirinya ingin menjadi staf Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Keinginannya tersebut muncul karena Cak Imin beberapa waktu lalu oleh ribuan santri dinobatkan sebagai panglima santri nusantara.

“Makanya Pak Muhaimin jadi panglima santri tertinggi dunia, bukan nusantara lagi, saya kepala stafnya saja,” ungkap Din Syamsuddin disambut tepuk tangan peserta seminar nasional yang diselenggarakan oleh Islam Nusantara Center (INC) dengan tema 'Maha Guru Ulama Nusantara: Zona Nusa Tenggara Barat' di Masjid Istiqlal Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Din Syamsuddin yang bertindak sebagai keynote speaker seminar nasional tersebut mengatakan santri dan ulama masa kini harus lebih percaya diri dan berani tampil pada level international. Karena dari segi kualitas, ulama Indonesia tidak kalah pintar dengan beberapa ulama yang berasal dari Timur Tengah.

Lebih lanjut, Din Syamsuddin mengungkapkan jika kajian tentang ulama Nusantara sangat jarang dilakukan oleh cendekiwan muslim Indonesia. Padahal, banyak ulama Nusantara, khususnya Ulama Sasambo (Sasak, Samawa dan Mbojo) yang sangat cemerlang di tingkat Internasional.

Bahkan, ia menyebutkan salah satu ulama asal Sumbawa yang memiliki pengetahuan  luar biasa bernama Syeikh Zainuddin menjadi guru di Haromain. "Beliau menjadi pionir di dunia Islam," katanya.

Sebab itu, kajian dan diskusi yang dilaksanakan oleh INC patut dikembangkan dan berkelanjutan. "Saya berharap ini bukan akhir dari kajian kita, ini sebaiknya menjadi titik awal diskusi yang lebih dalam," ujarnya.

Dalam acara seminar tersebut, turut hadir Ketua Umum DPP PKB Cak Imin, Sultan Sumbawa M Kaharuddin IV, Prof DR Abdul Ghani Abdullah, Dr M Wildan, MA, inisiator INC Jazilul Fawaid, sejarawan dan penulis buku Zainul Milal Bizawi, serta Direktur INC Ginanjar A Sya’ban.[fc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment