Di Hadapan Mahasiswa Unesa, Anik Paparkan IPK Bagus Bukan Jaminan Mahasiswa Itu Bermutu

By Kontributor 06 Sep 2019, 15:43:16 WIBPendidikan

Di Hadapan Mahasiswa Unesa, Anik Paparkan IPK Bagus Bukan Jaminan Mahasiswa Itu Bermutu

Keterangan Gambar : Anik Maslachah, Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Timur (tengah) foto bersama dengan mahasiswa Unesa


Surabaya, matahationline.com – Ketua Fraksi DPRD Jawa Timur Anik Maslachah, M.Si mendapat kesempatan untuk mengisi materi di acara ospek Jurusan Pendidikan Moral Pancasila dan Kewargaan Negara (PMPKN) Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Di hadapan mahasiswa baru itu, Anik paparkan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) bukan suatu jaminan bahwa mahasiswa itu bermutu di masyarakat, namun IPK juga menjadi bagian tolak ukur bahwa seorang mahasiswa itu paham teori.

Bagi Anik, menjadi seorang mahasiswa itu hanya paham teori dalam perkuliahan, namun juga harus aktif dalam berorganisasi. Karena dengan demikiain, mahasiswa akan terlatih soft skillnya.

Untuk itu, Anik menyarankan mahasiswa baru untuk mengikuti organisasi kemahasiswaan yang ada di kampus, baik itu organisasi intra ataupun ekstra. “ikutlah PMII, HMI, GMNI dan organisasi apapun asal legal, kalau illegal jangan, nanti malah jadi kelompok radikal,” katanya.

Dengan menjadi mahasiswa organisatoris atau aktivis, mahasiswa tersebut sebenarnya sudah belajar bagaimana bermasyarakat. Tentu mahasiswa yang demikian memiliki respon yang cepat saat menghadapi masalah.

“Mahasiswa aktivis lebih cepat dalam menyelesaikan persolaan yang ada di masyarakat dari pada mahasiswa yang kutu buku, karena sudah terlatih,” terang politisi PKB asal Sidoarjo itu.

Namun, Anik juga tidak membenarkan jika ada mahasiswa aktivis yang tidak paham teori. Karena landasan aktivis dalam bertindak kritis berangkat dari teori. “Jadilah mahasiswa yang idealis dan kritis dan paham teori sebagai bahan kekritisannya,” pungkasnya.[ct]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment