Cegah Bencana Alam, Kodim Blitar Tanam Pohon

By 07 Apr 2016, 16:07:14 WIBDaerah

Cegah Bencana Alam, Kodim Blitar Tanam Pohon

Keterangan Gambar : Dandim 0808 Blitar menanam pohon pohon. (Foto: timesindonesia)


Blitar – Salah satu penyebab terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, adalah gundulnya hutan atau pembalakan yang dilakukan oleh masyarakat sendiri. Karena itu, untuk mencegah terjadinya bencana alam baik banjir maupun tanah longsor, Komando Distrik Militer (Kodim) 0808 Kabupaten Blitar berjanji akan melakukan reboisasi secara berkala setiap tahun di wilayah Kabupaten Blitar. “Penghijauan ini akan kami lakukan setiap tahun, akan kami lakukan penghijauan ini di daerah-daerah yang rawan banjir dan longsor,” ujar Komandan Distrik Militer (Dandim) 0808 Blitar Letkol (Arh) Surya Dani pungkas Letkol Surya.

Tahun ini, bekerjasama dengan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Blitar, Komando Distrik Militer (Kodim) 0808 Blitar, melakukan menanam sebanyak 15.410 pohon diatas lahan seluas 14 hektar, di Desa Bacem Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar, Kamis (07/04/2016).

Seperti dijelaskan Letkol Surya, kegiatan reboisasi tersebut sebagai bentuk nyata Kodim 0808 bersama Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) dalam misi penyelamatan lingkungan hidup dari bencana banjir dan longsor. "Kegiatan penghijauan ini dilakukan untuk mencegah banjir dan tanah longsor secara alami. Harapan kami dengan penghijauan ini bisa ikut membantu mengatasi banjir yang sering melanda Sutojayan,” sambung Letkol Surya.

Untuk mencegah bencana alam itulah, Letkol Surya berjanji akan melakukan reboisasi secara rutin setiap tahun. Pihaknya akan melakukan koordinasi dan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti Perhutani KPH Blitar dan Dinas Perhubungan dalam upaya mendukung agenda reboisasi. [timesindonesia/ch]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment