Catatan Fraksi PKB Terhadap APBD Jatim 2020

By Kontributor 22 Nov 2019, 20:14:58 WIBPemerintahan

Catatan Fraksi PKB Terhadap APBD Jatim 2020

Keterangan Gambar : Anggota Fraksi PKB DPRD Jawa Timur Ahmad Athoillah saat membacaran Pendapat Akhir Fraksi PKB terhadap Raperda APBD Jatim 2020.


matahationline.com - Fraksi PKB DPRD Jawa Timur memberikan sejumlah catatan dalam Sidang Paripurna Pendapat Akhir fraksi-fraksi atas Raperda APBD Jawa Timur 2020 tahun, Jumat (22/10/2019). Sidang yang berlangsung kidmat tersebut, Ahmad Athoillah sebagai juru bicara Fraksi PKB meminta kepada gubernur Jawa Timur Khofifah untuk pelaksanaan serapan anggran belanja daerah  di tahun 2020 bisa lebih baik realisasinya dibandingkan dengan tahun anggaran 2019.

“Karena hingga akhir triwulan III 2019, kinerja OPD dalam menyerap anggaran belanja daerah rata-rata masih dikisaran 50,45%,” ungkap pria yang biasa disapa Gus Aik itu.

Politisi asal Jombang itu mewakili fraksinya juga menyoroti persoalan Perda Jawa Timur yang sudah disahkan untuk segera diterbitkan pergub. Perda yang sudah ada tersebut terkendala proses implementasiannya karena tidak mempunyai instrumen hukum pelaksana (pergub). “Mohon gubernur untuk memperhatikan hal tersebut agar kemanfaatan perda agar dapat segera dirasakan masyarakat,” sambungnya.

Selain itu, Fraksi PKB juga meminta Gubernur Khofifah untuk memperhatikan eksistensi lembaga independen yang dibentuk berdasarkan Perda Provinsi Jawa Timur seperti KPID dan KIPD.  Keberpihakan dan proporsionaliatas anggaran sangat dibutuh lembaga tersebut untuk menunjang tugas, pokok dan fungsi lembaga.

Di sisi lain, Fraksi PKB kata Gus Aik, mengapresisi Gubernur Khofifah karena telah mengakomodasi beberapa masukan dan ulasan fraksi PKB yang disampaikan pada sidang sebelum dalam agenda Pandangan Umum. diantaranya adalah menaikan target pendapatan daerah dari Rp 32,262 T menjadi 33,028 T.

Dalam sidang paripurna tersebut, Fraksi PKB menyetujui ditetapkan Raperda tentang APBD Provinsi Jawa Timur tahun Anggaran 2020 menjadi Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur. [fv]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment