Cak Imin: Satu-satunya Partai yang Diterima CDI di Indonesia Adalah PKB

By Kontributor 22 Mar 2019, 18:30:19 WIBPolitik

Cak Imin: Satu-satunya Partai yang Diterima CDI di Indonesia Adalah PKB

Keterangan Gambar : Ketua Umum PKB Cak Imin memberikan cinderamata kepada General Coordinator Centrist Democrat International (CDI) Cesar Rosello pada kunjungan ke kantor DPP PKB


Matahationline.com – Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengumumkan bahwa PKB menjadi anggota resmi Centrist Demokrat Internasional (CDI) atau sebuah koalisi partai demokratis seluruh dunia.

Keikutsertaan PKB dalam CDI tersebut, ungkap Cak Imin, merupakan tawaran langsung koordinator CDI untuk Asia-Pasifik Caesar Rosello.

“CDI ini tidak mudah menerima partai politik untuk menjadi anggotanya. Kita bersyukur kita sudah diterima secara resmi menjadi anggota CDI secara penuh tanpa melalui keanggotaan yang bersifat dasar. Satu-satunya partai yang diterima CDI di Indonesia ini adalah PKB,” ujar Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jl Raden Saleh, Senen, Jakarta Pusat, Jumat (22/3/2019).

Masuknya PKB kedalam CDI diakui Cak Imin berdasarkan pada tiga faktor. Diantaranya perjuangan PKB dalam memperjuangkan demokrasi dan anti radikalisme.

“Pertama, ideologi PKB yang mengedepankan demokrasi moderasi, suasana moderat dan damai, anti radikalisme. Kedua, PKB konsisten memperjuangkan kebhinekaan dan kebangsaan sehingga ideologinya bisa membawa partai-partai kepada ideologi di tengah, yang bisa diterima semua kalangan, anti radikal kiri maupun kanan,” ujar Cak Imin.

“Ketiga, kita bersyukur, PKB sebagai partai islam, berbasis keagamaan tetapi bisa menjadi bagian dari partai demokrat dunia,” timpalnya.

Untuk itu, jelas Cak Imin, PKB akan menjadikan kesempatan ini sebagai peluang untuk mengembangkan partai ke dunia internasional. Selain itu, pihaknya akan mengambil peran dalam bidang ekonomi dan politik.

“Masuknnya PKB jadi anggota CDI ini memiliki peluang dan kesempatan berjuang lebih jauh. Ada dua prioritas kami. Pertama ekonomi yaitu bagaimana ekspor kita bisa mendapat tempat dan ruang dengan isu-isu yang selama ini dalam kategori perang dagang terutama kelapa sawit,” ujar Cak Imin.

Terkait masuknya PKB ke dalam keanggotaan CDI, Rosello mengucapkan selamat. Ia menyebut PKB telah melalui proses pembahasan yang panjang di komite eksekutif CDI.

“Semua ini tersedia sebagai akses bagi PKB untuk memperjuangkan kepentingan rakyat Indonesia di forum internasional,” ungkap Rosello.

CDI berharap bisa memanfaatkan akses yang ada dalam organisasi ini untuk kepentingan rakyat Indonesia.

“Kami merasa beruntung dan terhormat menerima PKB, partai yang ada di ujung tombak dalam melawan radikalisme,” tambahnya.

Ditanya perihal mengenai peluang keanggotaan untuk partai lain, Rosello mengatakan, sejauh ini belum ada rencana untuk itu.

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment