Bupati Sidoarjo Keluarkan Surat Edaran Antisipasi Gerakan Radikalisme

By fandra 06 Apr 2017, 11:56:26 WIBDaerah

Bupati Sidoarjo Keluarkan Surat Edaran Antisipasi Gerakan Radikalisme

Keterangan Gambar :


Sidoarjo, matahationline.com - Bupati Sidoarjo Saiful Ilah akhirnya mengeluarkan surat edaran kepada seluruh Camat di Sidoarjo untuk mengantisipasi gerakan radikalisme yang mulai tumbuh subur di wilayah Sidoarjo. Keluarnya surat edaran tersebut untuk merespon adanya penokan sejumlah ormas di Sidoarjo terhadap kegiatan kelompok radikal dengan model pengajian. Bupati Saiful menganggap, gerakan radikal tersebut mengganggu keamanan, ketentraman dan kenyamanan warganya. Selain itu, gerakan radikalisme juga mengancam keutuhan NKRI.
Surat Edaran yang juga tembusannya dikirim ke Gubernur Jawa Timur itu, berisi meminta Camat untuk melakukan beberapa tindakan sebagai berikut:
Pertama, Meningkatkan cegah dini dan deteksi dini terhadap segala kegiatan-kegiatan di masyarakat yang cenderung provokatif dan memecah belah NKRI.
Kedua, Mewaspadai kegiatan-kegiatan ceramah di Masjid yang isi ceramahnya bersifat mengajak untuk memprovokasi melawan negara.
Ketiga, memberikan sosialisasi kepada takmir masjid agar waspada terhadap orang-orang yang berusaha atau menghasut mengarah ke ideologi yang melawan NKRI.
Keempat, Mengaktifkan Babinsa dan Babinkamtibmas seluruh kecamatan se Kabupaten Sidoarjo.
Kelima, memberi himbauan kepada takmir masjid dalam mendatangkan penceramah harus dikonsultasikan kepada Forkopimda.
Keenam, apabila mengundang dan mengumpulkan orang banyak khususnya untuk kegiatan keagamaan harus izin Forkopimka serta harus memperhatikan kearifan lokal.
Ketujuh, waspadai ajaran Wahabi dan Salafi yang masuk ke Indonesia maupun ajaran-ajaran ekstrem lainnya.
Kedelapan, melaporkan secara cepat kepada Bapak Bupati Sidoarjo dengan tembusan kepada Bakesbangpol Sidoarjo apabila terdapat suatu kegiatan yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat.
Adanya Surat Edaran tersebut mendapat respon positif dari kalangan Nahdlatul Ulama yang terkenal menolak keras aliran radikalisme di Indonesia. “Kami berterima kasih kepada Pak Bupati, untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan kerukunan di Sidoarjo, memang diperlukan edaran semacam itu. Jajaran di bawah seperti Camat dan Lurah, harus memperhatikannya. Kalau ada gerakan yang membahayakan keutuhan bersama, apalagi sampai ancaman terhadap Pancasila dan NKRI, Pak Camat dan Pak Lurah harus cepat bergerak. Kalau tidak, GP Ansor dan Banser yang akan turun tangan,” demikian disampaikan Riza Ali Faizin, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Sidoarjo, Kamis (6/4/2017).[fc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment