Bojonegoro Sediakan Asuransi Pertanian

By 28 Mar 2016, 17:55:55 WIBEkonomi

Bojonegoro Sediakan Asuransi Pertanian

Keterangan Gambar : Tiga petani sedang mencoba mengusir hama di lahannya. (sumber foto: republika.co.id)


Bojonegoro — Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mulai menggerakkan petugas penyuluh lapangan pertanian di setiap kecamatan untuk menyampaikan adanya asuransi tanaman padi kepada para petani. Pasalnya, Dinas tersebut telah menyediakan asuransi pertanian yang berfungsi sebagai jaminan petani ketika mereka gagal panen, baik akibat bencana alam atau serangan hama. Dengan adanya asusransi ini, petani mendapatkan ganti rugi berdasarkan klaim yang didapat.

Luas lahan sawah yang mengikuti asuransi padi saat ini sudah mencapai sekitar 865,76 hetare. Total petani yang telah mengikuti program asuransi mencapai 1.419. Namun jumlah tersebut, masih banyak petani yang belum mengikuti program. Salah satunya, Surono (40), petani asal Kecamatan Trucuk mengaku tidak mengatahui tentang program asuransi padi. “Saya belum tahu ada asuransi itu. Saya berharap juga bisa mendapatkannya,” katanya, Senin (21/03/2016).

Surono mengaku memiliki ¼ hektare sawah yang terletak di bantaran Sungani Bengawan Solo dan sering menjadi langganan banjir saat musim hujan.

Secara terpisah, Kepala Bidang Produksi pertanian Kabupaten Bojonegoro, Zaenal Fanani, mengatakan dengan adanya program asuransi ini, petani akan mendapatkan manfaat yang bersar, sebab tidak akan mengalami kerugian saat gagal panen atas klaim asuransi tersebut. Pihak asuransi akan mengganti klaim kesursakan apabila tanaman padi rusak hinga 75 persen. Besaran klaim asuransi Rp 6 juta perherktare.

“Tanaman padi yang berada di daerah bantaran Sungai Bengawan Solo rawan diterjang banjir luapan sungai. Dengan adanya asuransi ini maka akan meringankan para petani,” ungkapnya. [ch]


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment