Bojonegoro Rencanakan Festival Bengawan

By 30 Agu 2016, 12:14:02 WIBWisata

Bojonegoro Rencanakan Festival Bengawan

Keterangan Gambar : (Foto: Kanalbojonegoro)


Bojonegoro, Matahationline.com - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, merencanakan gelar 'Festival Bengawan' yang akan diisi berbagai kegiatan di sepanjang Bengawan Solo. Festival tersebut akan digelar pada tanggal 17-24 September mendatang dalam rangka memeriahkan HUT Bojonegero ke-339.
     
Kepala Bidang Pengembangan Usaha Seni dan Budaya Disbudpar Bojonegoro Budiyanto, mengatakan 'Festival Bengawan' merupakan acara puncak parede perahu hias yang akan mengambil rute dari Bendung Gerak Bengawan Solo di Kecamatan Trucuk sampai taman Bengawan Solo (TBS) di Desa Ledokkwetan.
     
"Warga yang menjadi peserta perahu hias akan memperoleh subsidi untuk menghias perahunya. Tapi besarnya masih akan dibahas lebih lanjut," jelas Budiyanto, Selasa (30/8/2016).
     
Budiyanto menambahkan, lokasi pemberangkatan perahu hias tetap di Bendung Gerak Bengawan Solo di Kecamatan Trucuk, tapi agak ke hilir dengan pertimbangan pelengsengan kanan kiri bendung yang rusak masih dalam perbaikan.
     
"Pemberangkatan perahu hias tidak seperti dulu persis di lokasi bendung. Kalau nanti pemberangkatannya agak ke bawah sebab ada pekerjaan perbaikan pelengsengan bendung yang rusak," ujarnya.
     
Selain parade perahu hias, lanjut Budiyanto, 'Festival Bengawan' akan diisi berbagai kegiatan lainnya, seperti lomba berenang menyeberang Bengawan Solo, menangkap bebek, juga berbagai lomba lainnya.
     
'Festival Bengawan' yang sudah berjalan tiga kali di setiap HUT kabupaten itu juga disebut untuk menarik wisatawan domestik (wisdom) dan wisatawan manca negara (wisman) datang ke daerahnya.
     
"Target pemkab bahwa "Festival Bengawan" harus mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisdom dan wisman," katanya. [wbo]


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment