Berseragam Wushu, Pak Halim Buka Turnamen Antar Pelajar se-Jatim
Wushu Bisa Jadi Sarana Pendidikan Karakter Bagi Generasi Muda

By 16 Apr 2016, 22:27:21 WIBOlahraga

Berseragam Wushu, Pak Halim Buka Turnamen Antar Pelajar se-Jatim

Keterangan Gambar : Pak Halim Ketika Membuka Acara Wanoro Seto Kejuaraan Wushu Sanda antar Pelajar se-Jawa Timur 2016 di Gedung Remaja Tambaksari Surabaya, Sabtu, (16/06/2016). (Foto: Multazam Dzikri)


Surabaya – Menggunakan seragam olahraga wushu, Ketua DPRD Jawa Timur Abdul Halim Iskandar membuka acara Wanoro Seto Kejuaraan Wushu Sanda antar pelajar se-Jawa Timur tahun 2016 di Gedung Remaja Tambaksari Surabaya, Sabtu, (16/06/2016). Pak Halim merasa bangga dapat menghadiri dan membuka kejuaran tersebut. “Kejuaraan wushu antar pelajar seperti sekarang ini harus diapresiasi dan didukung. Karena event semacam ini adalah sarana untuk menggodok lahirnya generasi emas wushu masa depan,” jelasnya.

Bagi Pak Halim, selain bermanfaat bagi kesehatan, wushu juga menjadi hiburan penting bagi masyarakat. Karena itu wushu harus dilestarikan dan terus dikembangkan. Lebih detail Pak Halim menjelaskan wushu dapat memberikan dua unsur kekuatan sekaligus kepada manusia. Yaitu, kekuatan jasmani dan kekuatan rohani. Melalui dua kekuatan tersebut wushu akan memberikan kontribusi positif bagi masa depan pembangunan bangsa. "Kalau jasmani sehat, rohani juga pasti sehat, kalau sudah sehat jasmani rohani Insya Allah masa depan Indonesia akan lebih cerah," ujar Pak Halim.

Selain kekuatan jasmani dan rohani, dalam sambutannya Pak Halim juga menekankan faktor kedisiplinan dan sportifitas.  Kedua sikap itu akan mengantarkan seorang atlet meraih gelar juara. “Sejauh ini, dari cabang olahraga apapun, yang berhasil meraih juara hanyalah mereka yang disiplin dan sportif,” ungkapnya.

Pak Halim menjelaskan bahwa sportivitas, kolektivitas tim, kedisiplinan, kepemimpinan, kejujuran, tanggungjawab dan sikap saling menghormati harus dimiliki setiap olahragawan. “Sikap olahragawan sejati biasanya akan tercermin dalam kehidupan sosialnya. Maka melalui olahraga, misalnya wushu, sebenarnya kita bisa menanamkan pendidikan karakter kepada generasi muda kita untuk disiplin, sportif, tanggungjawab dan jujur,” tambah mantan Ketua DPRD Jombang tersebut.

Di akhir sambutannya Pak Halim berharap semoga wushu di Jawa Timur makin berprestasi dan berkembang di masa mendatang. (chf)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment