Berdasarkan UU No. 24 Tahun 2009: Background Dasar Lambang Bendera PKB Bukan Bendera Indonesia

By Kontributor 07 Nov 2018, 15:47:00 WIBPolitik

Berdasarkan UU No. 24 Tahun 2009: Background Dasar Lambang Bendera PKB Bukan Bendera Indonesia

Keterangan Gambar : Perbedaan Bendera PKB dan Bendera Indonesia


Jakarta, matahationline.com – Bendera PKB yang baru dikenalkan kepada publik kini menjadi banyak perbincangan masyarakat. Hal tersebut terjadi lantaran banyak yang menduga bahwa PKB menjadikan bendera merah putih (bendera Indonesia) sebagai background atau lantar belakang bendera PKB.  Padahal kenyataannya tidak demikian, bendera PKB menggunakan background warna putih dengan centang warna merah.

Jika diamati, bendera PKB dengan latar belakang merah dan putih jauh berbeda dengan bendera Indonesia, merah putih sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-Undang No 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan. Pada pasal 4 disebutkan bahwa bendera negara Sang Merah Putih berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran lebar 2/3 (dua-pertiga) dari panjang serta bagian atas berwarna merah dan bagian bawah berwarna putih yang kedua bagiannya berukuran sama.

Diperhatikan secara seksama, bendera PKB dengan latar belakang merah dan putih tersebut tentu jauh berbeda dengan bendera negara Indonesia. Perbedaan dari pola garis kemiringan antara merah dan putih serta bentuk sudut antara merah putih sangat bisa dilihat secara kasat mata.

Wasekjen PKB, Daniel Johan mengungkapkan kenapa partainya memperkenalkan model bendera baru kepada publik. Menurutnya, PKB merupakan partai beraliran nasionalis religius. Sebab itu dipilihlah warna merah dan putih yang dikombinasikan dengan lambang PKB. Warna merah merepresentasikan sebagai nasionalis dan warna putih representasi dari religius.

"Semangatnya bahwa PKB adalah partai religus nasionalis," ujarnya.

Namun, untuk menghindari terjadinya perbedaan pemahaman, Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memperingatkan kepada kadernya untuk memperhatikan desain bendera dan tidak asal menjadikan warna merah dan putih. “Perhatian kepada semua kader, bahwa bendera PKB tidak boleh dibuat di atas bendera merah putih, yang benar adalah: bendera PKB di atas kain putih dengan cetrang merah tidak dominan, harap diperhatikan!," kata Cak Imin melalui akun twitternya, Selasa (6/11/2018).[rr]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment