Anik Maslachah: Pemotongan Anggaran Pendidikan Tidak Tepat

By 15 Agu 2016, 21:07:08 WIBPendidikan

Anik Maslachah: Pemotongan Anggaran Pendidikan Tidak Tepat

Keterangan Gambar : Anik Maslachah. (Foto: DPRDJatim)


Surabaya, Matahationline.com - Fraksi PKB DPRD Jatim mempertanyakan pemotongan anggaran pendidikan pada perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2016 oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. F-PKB menilai pemotongan tersebut tidak tepat sasaran karena pendidikan merupakan kebutuhan dasar.

Sekretaris F-PKB, Anik Maslachah menyampaikan prihatin atas pengurangan anggaran tersebut. Untuk pendidikan semula dianggarkan Rp 300.343.049.250 kemudian menjadi Rp 268.488.124.350, atau berkurang sebesar Rp31.854.924.900.

“Pak Gubernur memberikan jawaban anggaran pendidikan selalu melekat di dinas-dinas provinsi Jatim. Namun kenyataannya di Dinas Pendidikan (Disdik) malah terjadi pengurangan anggaran,” kata Anik di DPRD Jatim kepada Matahationline.com, Senin (15/8/2016).

Menurut Anik, jika APBD 2016 terjadi pengurangan, itu wajar saja. Namun, lanjut Anik, pengurangan tersebut tidak pada anggaran pendidikan, karena dinas ini merupakan bagian dari kebutuhan masyarakat.

“Kurang tepat kalau yang dikurangi anggaran pendidikan. Masih banyak anggaran di sektor lain yang lebih layak diefisiensi,” ujar Anik.

Anik menambahkan, pendidikan harus didukung penuh dengan diharapkan dapat membentuk karakter anak bangsa menjadi lebih baik. “Bukan anggaran administrasi yang ditambah seperti Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ)," tambahnya.

Perempuan yang duduk sebagai Sekretaris DPW Perempuan Bangsa ini juga berpendapat, sesuai amanat UU Pendidikan, anggaran untuk pendidikan itu 20 persen dari total anggaran, baik Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) maupun APBD.

“Namun anggran pemerintah tiap daerah memang berbeda-beda. Karena itu bila belum bisa mencapai 20 persen, tapi setidaknya bisa mendekati target tersebut. Untuk itu anggaran ini tidak tepat jika dipangkas," paparnya. [wbo]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment