Air Terjun Madakaripura Probolinggo Dibuka Kembali

By 13 Apr 2016, 16:50:50 WIBWisata

Air Terjun Madakaripura Probolinggo Dibuka Kembali

Keterangan Gambar : Tampak keindahan air terjun Madakaripura. (foto:wisatapagi.com)


Probolinggo - Air terjun Madakaripura kembali dibuka untuk umum oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto mengatakan bahwa, pihak pemerintah telah membuka wisata air terjun Madakaripura untuk para wisatawan, Rabu (13/04/2016).

 

Sebelumnya, air terjun Madakaripura sempat ditutup oleh pemerintah setempat pada bulan Februari lalu. Penutupan dilakukan pemerintah karena terjadi peristiwa tenggelamnya seorang wisatawan asal Kota Surabaya.

 

Selain itu, penutupan dilakukan karena daerah disekitar air terjun sering mengalami bencana alam berupa longsor. Sedangkan kondisi sungai pada waktu hujan debit airnya sangat tinggi yang disertai bebatuan kecil. Hal tersebut dapat membahayakan para wisatawan yang akan berkunjung di musim penghujan.

 

"Penutupan air terjun Madakaripura dilakukan karena cuaca buruk saat musim hujan yang menyebabkan debit air tinggi, bahkan material kerikil dan batu tebing terkadang ikut jatuh bersama hujan deras, sehingga membahayakan pengunjung," papar Anung.

 

Air terjun Madakaripura yang menyimpan pemandangan yang eksotis tersebut dalam pengelolaannya masih belum jelas. Hal tersebut disebabkan lokasi air terjun berada diwilayah Perum Perhutani KPH probolinggo.

 

Disbudpar dalam upaya menigkatakan pembangunan berbasis pariwisata mengambil  inisiatif untuk melakukan koordinasi dengan pihak Perhuni. Koordinasi akan membahas tentang pengelolaan wisata alam air terjut. "Dalam koordinasi itu, pengelolaan air terjun Madakaripura akan dikelola Pemkab Probolinggo dan Perhutani Probolinggo, sehingga kerja sama tersebut juga atas persetujuan Bupati Probolinggo,” pungkas Anung.[antara/fn]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment