51% Saham Freeport Dijual

By fandra 29 Agu 2017, 14:07:56 WIBEkonomi

51% Saham Freeport Dijual

Keterangan Gambar : foto by Ari Saputra/detik


Jakarta, matahationline.com – PT Freeport Indonesia telah sepakat untuk melakukan penjualan 51% sahamnya kepada pemerintah ataupun kepada perusahaan nasional. Disinvestasi tersebut merupakan srtu dari tiga kesepakatan yang dicapai melalui perundingan yang dimulai sejak Februari 2017 lalu antara pemerintah dan Freeport.

Menteri ESDM Ignasius Jonan dalam konferensi persnya di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (29/8/2017) ditemani Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan juga turut hadir CEO Freeport McMoRan Inc, Richard C Adkerson menyampaikan hasil kesepatan yang berhasil dilakukan dengan pihak Freeport.

Johan dalam kesempatan itu mengatakan bahwa dirinya belum menentukan siapa yang akan membeli saham freeport tersebut. Namun ia menjelaskan  berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2017, penawaran saham diprioritaskan pada pemerintah pusat, lalu ke pemerintah daerah bila pusat tidak berminat, kemudian prioritas berikutnya ke BUMN, BUMD, dan terakhir swasta nasional.

"Divestasi siapa yang mau ambil? Menurut PP 1/2017, urutan haknya adalah pemerintah pusat, Pemda, BUMN, BUMD, swasta nasional. Terserah nanti pemerintah pusat memutuskan pengambilan saham ini, nanti dibicarakan terpisah, ini mekanismenya internal pemerintah," kata Johan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa pemerintah saat ini masih dalam proses pembahasan hal-hal detail terkait dengan mekanisme saham dengan Freeport. Hal lain juga yang masih dalam tahap pembahasan adalah harga saham yang masih pada taraf negosiasi antar kedua pihak.

"Waktu maupun proses divestasi akan didetailkan, kita akan membahas lebih lanjut. Kami sudah mulai bahas dengan Pemda. Yang memiliki hak adalah pemerintah pusat, kami koordinir dengan pihak-pihak yang ada," terangnya.[fc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment