30 Ribu Embung jadi Target Pembangunan Mendes PDTT

By Kontributor 07 Feb 2018, 14:29:43 WIBPemerintahan

30 Ribu Embung jadi Target Pembangunan Mendes PDTT

Keterangan Gambar : Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo


matahationline.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo melakukan kunjungan ke lokasi pembangunan Embung Rawang Tunjau Sitiung, Dharmasraya, Sumatera Barat. Rencananya, hari ini Presiden Joko Widodo juga akan mengunjungi embung tersebut.

Kepada wartawan, Eko menyampaikan bahwa Jokowi menargetkan membangun 30 ribu embung hingga tahun 2019. "Jadi Presiden memang minta untuk Indonesia ini kan negara tropis, harusnya bisa menanam sepanjang tahun tapi kenyataannya dari desa-desa kita itu hanya 45 persen desa yang bisa menanam di musim kering karena enggak ada airnya," kata Eko Putro Sandjojo di lokasi pembangunan embung, Rabu (7/2).

"Nah jadi dibikin embung sampai tahun 2019 targetnya 30 ribu. Baik dari dana desa, dari Kementerian Desa, Kementerian PU jadi nanti akan dibangun embung-embung," lanjut dia.

Fungsi embung tersebut, jelas Eko, bukan hanya untuk pengairan saja, tapi bisa untuk tempat pariwisata. Misalnya saja untuk mancing, homestay, bisa juga untuk mountain bike track.

"Sehingga masyarakat enggak perlu jauh-jauh untuk berwisata karena bisa di desanya," ucap Eko Putro Sandjojo.

Eko menambahkan pembuatan embung memerlukan tenaga yang cukup banyak. Untuk itu, para pekerja pembuat embung akan dibayar per minggu.

"Kita lihat bahwa tenaga kerjanya cukup banyak, sesuai dengan arahan Pak Presiden untuk cash for work, jadi dengan begitu bisa masyarakat mendapatkan uang karena mereka dibayar secara mingguan sehingga bisa meningkatkan daya beli di desa-desa," jelasnya.

Nantinya embung akan diberi ikan gratis dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Lalu akan diberikan pompa gratis dari Kementerian Pertanian.

"Di samping pemerataan ekonomi, embung ini kan nanti menghasilkan ikan, nah ikan ini kita harapkan dibagikan gratis kepada anak-anak miskin, supaya mereka bisa mengurangi stunting (kuntet). Tiga tahun ini kita berhasil mengurangi 10 persen stunting," tegas Eko Putro Sandjojo.

Embung ini mempunyai luas 150 x30 meter dengan kedalaman 2,5 meter. Sehingga volume airnya bisa sekitar 15.600 meter kubik. Ditargetkan akan selesai dalam waktu 90 hari dengan pekerja sebanyak 50 orang setiap harinya.

 

source: kumparan.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment