Cak Thoriq Gagas Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Lumajang Melalui Sektor Wisata

By Kontributor 04 Apr 2018, 14:24:59 WIBDaerah

 Cak Thoriq Gagas Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Lumajang Melalui Sektor Wisata

Keterangan Gambar : Cak Thoriq foto bersama dengan pemuda-pemuda Lumajang usai bersih-bersih lingkungan wisata


Lumajang, matahationline.com – Calon Bupati Lumajang, Thoriqul Haq terus mengkampanyekan solusi percepatan pembangunan dan peningkatan ekonomi daerah dari berbagai sektor sumber daya yang ada. Kali ini, pria yang biasa disapa Cak thoriq tersebut akan menggarap sektor pariwisata sebagai media dalam memacu percepatan peningkatan ekonomi Lumajang dengan konsep Pariwisata Berjejaring.

Cabup yang diusung oleh PKB tersebut yakin bahwa ekonomi masyarakat di setiap daerah Lumajang akan meningkat jika mampu mengoptimalkan potensi pariwisata, sebagaimana yang telah dilakukan oleh daerah lain seperti Banyuwangi, Sleman dan Bantul. “Tiga kabupaten ini masuk 10 besar Indek Pariwisata Indonesia pada Travel and Tourism Competitive Index dari World Economic Forum (WEF),” tulis Cak Thoriq dilaman facebooknya.

Wisata Semeru, Ranu Kumbolo, Ranu Yoso, Ranu Klakah, Wisata Goa Tetes, Watu Godek, Puncak B-29, Air Terjun Coban Sewu, Air Terjun Kapas Biru, Candi Mandara Giri, pemandian Selokambang, Pantai Bambang dan tempat wisata lainnya akan menjadi janji lahan garapan Cak Thoriq jika terpilih nantinya.  Trust (kepercayaan) dan intensitas koneksi untuk meyakinkan dunia usaha pariwisata akan menjadi modal dalam melakukan berbagai inovasi jejaring dunia pariwisata.

Dalam gagasan pembangunan pariwisata tersebut, Cabup nomor urut 1 itu memberikan tiga langkah yang harus dikerjakan pemda bersama masyarakatnya, pertama adalah memberikan jaminan terhadap pelaku usaha pariwisata yang telah hadir sekaligus jaminan pengembangan investasinya. “Dengan begitu, bisa menjadi daya tarik hadirnya investasi baru dalam dunia usaha pariwisata,” katanya.

Kedua, mantan anggota DPRD Jatim itu menyarankan untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat mengelola pariwisata bersama-sama. Kepercayaan tersebut dibarengi dengan penguatan perilaku yang ramah dalam menerima hadirnya para tamu yang berkunjung. Sedangkan yang ketiga adalah membangun mindset penyelenggara pemerintah daerah dan masyarakat bahwa sektor pariwisata mampu memberikan manfaat dan keuntungan yang sangat besar terhadap pertumbuhan ekonomi. “Ekonomi tumbuh, tentu masyarakat akan memiliki peningkatan daya beli untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,” ujarnya.

Karena itu ia bersama dengan wakilnya, Bunda Indah yakin mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lumajang terutamanya mereka yang ada di wilayah wisata melalui pembangunan jejaring dunia usaha pariwisata.[rc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment