Ketua DPRD Jatim Siap Ajari Bupati Jember Cara Memimpin Daerah

By fandra 25 Jan 2017, 08:36:27 WIBPolitik

Surabaya, matahationline.com - Ketua DPRD Jawa Timur Abdul Halim Iskandar Siap mengajari Bupati Jember bagaimana cara memimpin daerah. Hal tersebut muncul lantaran permasalahan terhambatnya evaluasi Anggaran Pendapatan dan  Belanja Daerah (APBD) Jember 2017.

Menurut pria yang akrab disapa Pak Halim tersebut, berbagai permasalahan administratif termasuk terlambatnya evaluasi APBD Jember 2017 disebabkan tidak berjalannya komunikasi antara eksekutif dan legislatif.
"Saya tidak tahu persis kenapa komunikasi di Jember kok tidak bagus. Dalam perspektif kami, komunikasi antara bupati, wali kota, gubernur dengan DPRD tidak bagus. Yang salah pasti bukan DPRD, pasti bupatinya. Karena pengalaman kami, dengan DPRD tidak ada sulitnya. Serumit apapun, kalau komunikasi berjalan, (persoalan) selesai," kata Halim.

Lebih lanjud, Pak Halim menjelaskan peran dari masing-masing unsur pemerintahan daerah. "Eksekutif ini kepala daerah. DPRD ini pimpinan. Artinya, pemerintahan daerah leader-nya adalah bupati, wali kota, gubernur. DPRD adalah unsur pemerintahan daerah. Otomatis kuncinya di bupati, wali kota, dan gubernur, bukan di DPRD. Sehingga ketika ada masalah apapun, yang harus kita komunikasikan lebih dulu ada bagaimana gaya komunikasi pola hubungan yang dibangun eksekutif dengan DPRD," jelasnya.

Pak Halim saat betemu dengan Pimpinan DPRD Jatim yang sedang mengadu kepadanya tidak sungkan berbagi pengalaman dalam mengambil kebijakan bersama gubernur. "Di Jawa Timur ini kalau mau menggarap APBD, pimpinan Dewan dan ketua fraksi bertemu gubernur. Gubernur ngobrol dan memberikan paparan umum. Kami lega mengetahui, 'oh ternyata begitu keinginan gubernur'. Nanti yang membahas adalah komisi. Kami tidak pernah mengintervensi," ujarnya.

"Ketika ngomong kebijakan umum yang sangat makro, gubernur bertemu ketua fraksi. Ketika agak lebih operasional, Tim Anggaran bertemu Panitia Anggaran. Lebih detail lagi, satuan kerja perangkat daerah bertemu komisi di DPRD," imbuh Pak Halim.

Tips cara memimpin dan mengambil kebijakan tersebut disampaikan Pak Halim saat bertemu dengan pimpinan DPRD Jember di ruang kerjanya, di gedung DPRD Jatim, Surabaya, Selasa (24/1/2017). Pimpinan DPRD Jember tersebut diantaranya adalah Thoif Zamroni (ketua), Ayub Junadi (wakil ketua), dan NNP Martini (wakil ketua).[fc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Harga Speaker Aktif 03 Jan 2018, 14:46:46 WIB

    Harga Speaker Aktif terbaik dan terbaru 2018

View all comments

Write a comment